PENERAPAN BUDAYA KAIZEN PADA SEWING LINE GC7 (STUDI KASUS DI PT SS)

Tina Martina, Irfandhani Fauzi, Zinata Dara Moerdani

Sari


Penelitian ini merupakan studi kasus pada industri tekstil otomotif PT. SS yang dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian ini untuk melakukan pengamatan penerapan budaya Kaizen pada line sewing GC7 part Armrest. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui budaya Kaizen yang telah diterapkan serta tantangan yang dihadapi dalam penerapannya pada line tersebut.

Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan tidak terstruktur pada 3 orang purposive sample. Narasumber merupakan orang yang memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai konsep Kaizen dan penerapannya, serta mengetahui tantangan yang dihadapi selama melakukan upaya penerapan Kaizen di perusahaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3 konsep budaya Kaizen: 5S, 3M dan Standardisasi Kaizen telah diterapkan dengan baik dan efektif. Adapun tantangan yang dihadapi dalam upaya penerapan Kaizen adalah kesadaran dan konsistensi dari seluruh operator di line sewing tersebut, namun dapat diatasi berkat kerja sama dari semua pihak.


Kata Kunci


Kaizen, studi kasus, tekstil otomotif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bwemelo & Gordian. (2014). Kaizen as a Strategy for Improving SSME’S Performance. European Journal OF Business and Management.

Chakraborty, A. (2013). Importance of Kaizen Concept in Medium Manufacturing Enterprises. International Journal of Management and Strategy (IJMS),vol 4.

Ekoanindiyo, (2013). Pengendalian Kualitas Menggunakan pendekatan Kaizen. Jurnal Manajemen, hal 1-10

Ferdiansyah. (2011). Usulan Rencana Perbaikan Kualitas Produk Penyangga Duduk Jok Sepeda Motor dengan Pendekatan Metode Kaizen di PT. EKAPRASARANA. Jurnal Manajemen

Fitriani. (2018). SIKLUS PDCA DAN FILOSOFI KAIZEN. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 625-640

Graban, M., & Swartz, J. E. (2018). Healthcare Kaizen: engaging front-line staff in sustainable continuous improvements. CRC Press.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.

Hastuti, D. T. (2012). Studi Literatur Penerapan Continuous Improvement System (Kaizen) Di Jepang, Cina, Dan Inggris. Jurnal Eksekutif, 9(2).

Janti, S. (2014). Analisis validitas dan reliabilitas dengan skala likert terhadap pengembangan si/ti dalam penentuan pengambilan keputusan penerapan strategic planning pada industri garmen. In Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) (Vol. 15, pp. 155-160).

Jimantoro, R. (2016). Analisis Penerapan Budaya Kerja Kaizen Pada PT Istana Mobil Surabaya Indah. Agora, 4(2), 127-132.

Kato dan Art Smalley (2011). Tokyo Kaizen Methods. Jakarta: Gradien Mediatama

Komariah, A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Moloeng, J.L. (2011). Metode penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakary Offset.

Muchtar, Y. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Untuk Mahasiswa Semester Vi (Enam) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning (No. z2wq3). Center for Open Science.

Paramita, P. D. (2012). Penerapan Kaizen Dalam Perusahaan. Dinamika Sains, 10(23).

Smadi, 2010. Kaizen Strategy and the drive for competitiveness: challenges and opportunities. An International Businnes Journal incorporating Journal of Global Competitiveness, volume 19

Sujarweni, V Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press. Hal-193

Tamara H. (2012). Analisis Mutu Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal sebagai Implementasi Strategi Kaizen (Kasus Penciptaan Budaya Mutu di Politeknik Negeri Bandung). In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 3, pp. 318-325).

Wahyudi D. (2017). Mengurangi Delay Produksi Dengan Metode Kaizen Pdca Pada Proses Customer Order PT. Multistrada Arah Sarana, Tbk. Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (Doctoral Dissertation, President University).




DOI: https://doi.org/10.53298/texere.v18i1.69

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


e-ISSN2774-1893
p‐ISSN1411-3090
PenerbitPoliteknik STTT Bandung


TEXERE telah terindeks pada:
Google Scholar  Portal Garuda