EKSPLORASI RAGAM HIAS LAYANG-LAYANG PADA FESTIVAL KAGHATI KOLOPE DENGAN PENERAPAN APLIKASI BORDIR DAN TEKNIK MAKRAME PADA BUSANA READY TO WEAR DELUXE
Sari
Perancangan busana ready to wear deluxe ini terinspirasi dari salah satu festival layang-layang di Indonesia yaitu festival kaghati kolope yang berasal dari Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Karya busana ini berjudul “Kaghati Pasole”, diambil dari Bahasa Muna dan memiliki arti layang-layang yang cantik. Keragaman bentuk layang-layang pada festival kaghati kolope menjadi sumber inspirasi yang diimplementasikan pada busana dengan penerapan aplikasi bordir dan teknik makrame. Bahan utama yang digunakan adalah kain american drill dengan warna light blue dan navy. Warna yang digunakan pada koleksi busana ready to wear deluxe ini merupakan perpaduan warna analogus dengan light blue sebagai warna utama busana yang terinspirasi dari warna langit. Bentuk layang-layang sebagai inspirasi juga ditonjolkan pada garis busana yang tegas dengan siluet busana H dan Y yang memiliki keseimbangan simetris. Aplikasi bordir pada busana ini dibuat dengan dua macam tusukan yaitu tusuk satin dan tusuk tatami. Sedangkan simpul makrame yang digunakan yaitu simpul kepala, simpul rantai, simpul tunggal, simpul ganda dan simpul gordin.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aini Loita, W. R. (2018). Variasi Bentuk dan Makna Motif Bordir di Sentra Bordir Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Tasikmalaya: Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.
Calderin, J. (2013). The Fashion Design Reference + Specification Book.
Massachusetts: Rockport Publisher.
Fashionary. (2017). FASHIONPEDIA The Visual Dictionary of Fashion Design. Hongkong: Fashionary International, Ltd.
Hakim, F. R. (2018). Gaya Berbusana Bohemian. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.
Heni Sulistiani, E. E. (2021). Penerapan Metode Full Costing pada Sistem Informasi Akuntansi Biaya Produksi (Studi Kasus: Konveksi Serasi Bandar Lampung). Lampung: Universitas Teknorat Indonesia.
Juniar, B. A. (2020). Konsep Motion Graphics Pengenalan Layang-layang Sebagai Budaya Bangsa. Jakarta: Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis.
Kornelis, Y. (2022). Fenomena Industri Fast Fashion: Kajian Hukum Perspektif Kekayaan Intelektual Indonesia. Batam: Universitas Internasional Batam.
Magrifah, S. (2022). Modifikasi Pakaian Pengantin Pria Minang dengan Hiasan Bordir Komputer dan Payet. Padang: Universitas Negeri Padang.
Maria, U. (2022). Minat Konsumen Terhadap Pemakaian Blouse Wanita Dengan Pengaplikasian Makrame. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Maryana, F. N. (2020). Daya Tarik Remaja Putri Pada Produk Kerajinan Makrame. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.
Meilani. (2021). Teori Warna: Penerapan Lingkaran Warna dalam Berbusana. Jakarta: BINUS University.
Nirmalasari. (2016). Ekoleksikon Ke-Kaghati-an Bahasan Muna. Sulawesi Tenggara: Universitas Halu Oleo.
Nirmalasari, A. M. (2018). Ecolexion of Kaghati Kolope Body Parts in Muda Speech Community. Kendari, Sulawesi Tenggara: Universitas Udayana.
Panca Restu Anugerah Harefa, S. Z. (2022). Analisis Biaya Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi. Sumatera Utara: Universitas Nias.
Purwanti, J. A. (2022). Pemanfaatan Seni Kerajinan Tangan Makrame Untuk Dekorasi Ruangan Dengan Konsep Art Deco. Medan: Universitas Potensi Utama Medan.
Purwosiwi Pandasari, A. G. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Desain Busana di SMK. Yogyakarta: Universitas Negeri yogyakarta.
Puspitasari, A. S. (2020). Penerapan Teknik Makrame Sebagai Elemen Dekoratif Pada Produk Muslim Fesyen. Bandung: Telkom University.
Puspitasari, F. (2018). Pengalokasian Biaya Bersama Dalam Penentuan harga Pokok Produksi pada Ud. Bali Busana Garment Tahun 2016. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Rahmatilah, H. &. (2020). Surface Design Pada Bahan Tekstil Menambah Nilai Fungsi Busana. Gotontalo: Universitas Negeri Gorontalo.
Safwan. (2015). Landasan Teori Desain, Bab II. Bandung: Universitas Kristen Maranatha.
Sari, D. A. (2021). Pentingnya Pengetahuan Desain Busana Bagi Profesi di Dunia Fashion: Ekspetasi VS Realita Desain. Denpasar: ISI Denpasar.
Sari, D. A. (2021). Tinjauan Tentang Tingkatan Dalam Industri Fashion.
Denpasar: ISI Denpasar.
Sifatu, W. O. (2016). Manfaat Kaghati Roo Kolope Bagi Masyarakat Muna Sebelum Islam. Sulawesi Tenggara: Universitas Halu Oleo.
Suhartini, M. H. (2020). Penerapan Stilasi Ragam Hias Pa Tedong dan Pa Tangkiq Attung II dengan Teknik Bordir pada Busana Pengantin Wanita Muslimah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Sumaryati. (2019). Materi Desain Busana, Bab II. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Tetalia. (2020). Fashion Ready To Wear Deluxe Lebih Bervariasi Konstruksinya. Bandung: Pikiran Rakyat Media Network.
Utami, K. A. (2019). Penerapan Teknik Computer Embroidery Dengan Inspirasi Eksterior Bangunan Hotel Savoy Homann untuk Produk Akesoris Fesyen. Bandung: Telkom University.
Yasnidawati, N. H. (2019). Penyesuaian Pola Dasar Busana Sistem Indonesia Untuk Wanita Indonesia Dengan Bentuk Badan Gemuk. Padang: Universitas Negeri Padang.
Yuningsih, D. O. (2021). Perancangan Busana Ready To wear Menggunakan Teknik Bordir Dengan Inspirasi Motif Benang Bintik. Bandung: Universitas Telkom.
Yusnandi, W. K. (2021). Tinjauan Limbah Kain Sisa Produksi Menurut hukum Internasional dan Hukum Nasional. Lampung: Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai
DOI: https://doi.org/10.53298/texere.v21i2.05
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
e-ISSN | 2774-1893 |
p‐ISSN | 1411-3090 |
Penerbit | Politeknik STTT Bandung |
TEXERE telah terindeks pada:


