PENERAPAN TEKNIK ECOPRINT TULANG DAUN JATI DAN PEWARNA ALAMI JELAWE PADA BUSANA READY-TO-WEAR BERGAYA POST APOCALYPTIC

Zumrotu Zakiyah, Rosa Amalia, Nindhita Gita Puspita Herdiyani

Sari


Produk tekstil yang terinspirasi dari alam dan tengah populer saat ini adalah produk yang dibuat dengan teknik ecoprint. Teknik ecoprint merespon isu-isu lingkungan sustainable fashion yang erat kaitannya dengan industri fast fashion yang menimbulkan pencemaran lingkungan dari limbah industri tekstil. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat produk busana ready-to-wear yang menerapkan kain hasil reka latar teknik ecoprint dengan material pembuatan motif dan pewarna yang berasal dari alam.

Metodologi yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi literatur dan eksperimen pembuatan produk. Pada tahap eksperimen dilakukan eksplorasi reka bahan untuk mencari material kain, komposisi zat pewarna dan mordan yang digunakan dalam perancangan konsep busana dan pembuatan produk dengan teknik ecoprint. Perancangan konsep busana untuk busana ready-to-wear terinspirasi dari gaya Post Apocalyptic yang termasuk Trend Forecasting 2019/2020 Singularity tema Neo Medieval dengan subtema Dystopian Fortress.

Produk yang dihasilkan pada tahap eksperimen berjumlah dua busana ready-to-wear. Busana pertama terdiri dari outer long cardi, inner dan celana kulot. Pada celana kulot terdapat aksen saku cargo pada bagian kanan dan aksen tali pada bagian sisi yang dapat ditarik. Busana kedua terdiri dari blazer, inner dan celana kulot. Pada badan bagian depan dan lengan blazer terdapat aksen tali yang dapat ditarik. Semua komponen busana menggunakan teknik ecoprint tulang daun jati yang berwarna abu tua, hitam dan coklat keabuan.

Kata kunci : teknik ecoprint, tulang daun jati, ready-to-wear, post apocalyptic


Kata Kunci


Tekstil; Fashion

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Flint, I. Eco Colour, Botanical Dyes for Beautiful Textiles. (Murdoch Books, 2008).

Mirzaeva, L. Tutorial Eco Print on Linen Fabric. Penggunaan teknik eco print pada kain linen http://www.liya.com.au/tutorials/archives/11-2017.

Muthu, S. S. Sustainability in the Textile Industry. (Springer Singapore, 2016).

Fitrihana, N. TEKNIK EKSPLORASI ZAT PEWARNA ALAM DARI TANAMAN DI SEKITAR KITA UNTUK PENCELUPAN BAHAN TEKSTIL. Jur. PKK FT UNY 8 (2010).

Anshory, I. Penuntun Pelajaran Kimia. (Ganeca Exact, 1986).

Indonesian Trend Forecast. Trend Forecast 19/20 Product Design : Singularity. (BEKRAF, 2018).

Calderin, J. & Volpintesta, L. The Fashion Design Reference & Specification Book: Everything Fashion Designers Need to Know Every Day. (Rockport Pulishers, Inc, 2013).




DOI: https://doi.org/10.53298/texere.v20i1.06

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


e-ISSN2774-1893
p‐ISSN1411-3090
PenerbitPoliteknik STTT Bandung


TEXERE telah terindeks pada:
Google Scholar  Portal Garuda