GRADASI WARNA DAN EMBELLISHMENT PADA GAUN PENGANTIN MUSLIMAH TERINSPIRASI DARI HANFU DRESS

Qonita Nafsah Mutmainnah, Zumrotu Zakiyah, Nindhita Gita Puspita Herdiyani

Sari


Gaun pengantin adalah busana istimewa yang digunakan wanita pada saat hari pernikahan. Gaun pengantin yang modern tidak lagi berwarna putih saja, tetapi mulai berwarna sesuai keinginan pengantin. Gaun pengantin muslimah terinspirasi dan Chinese Hanfu dress menerapkan gradasi warna menggunakan teknik pencelupan dan penerapan embellishment pada busana, berupa bunga 3 dimensi dan payet (beads) diadaptasi dan bunga plum blossom alau Mei Hua vang memiliki makna sebagai harapan baru dan memberikan kebahagiaan di sekelilingnya. Metodologi yang digunakan adalah studi pustaka dan pembuatan produk busana. Proses pembuatan gaun pengantin muslimah ini dimulai dari proses perancangan konsep, pembuatan moodboard, pembuatan desain dan produksi busana. Proses produksi dimulai dan pembuatan gradası warna dengan teknik pencelupan kain, dilanjutkan pembuatan pola busana dan obi, pembuatan mock up. pemotongan, penjahitan, pembuatan bunga 3 dimensi, pemasangan embellishment, fitting awal, finishing, hingga fitting akhir, Perancangan gaun pengantin muslimah memiliki bentuk siluet A, terdiri dari inner dan outer dan dilengkapi dengan komponen obi dan hijab serta dibuat menutupi bagian aurat wanita. Warna putih pada bagian inner yang melambangkan kesucian dan bagian outer menerapkan warna putih yang diben efek gradasi warna pink kemerahan menjadi alternatif baru bagi pengantin muslimah yang menampilkan gaya feminine-romantic. Konsep gaun pengantin muslimah ini juga sejalan dengan warna dan siluet dari Trend Forecasting 2023/2024 Co-Exist tema The Soul Searchers.


Kata Kunci


Gradasi warna, Teknik Pencelupan, Embellishment, 3 Dimensi, Desain Busana

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


S. S. &. R. L. H. Suci Amalia, "Kelayakan Modul Pemilihan Bahan Busana Pengantin pada Mata Kuliah Busana Wanita 3," Practice of Fashion and Textile Education Journal, vol. 2, no. 2, pp. 82-97, 2022.

F. Nurhidayah, "KONSEP BUSANA MUSLIMAH PERSPEKTIF AL-QUR'AN STUDI PENAFSIRAN AHMAD MUSTAFA AL-MARAGHI DALAM TAFSIR AL-MARAGHI," INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO, PALOPO, 2021.

C. S. &. J. Ha, "National Identity Expressed in Chinese and Korean Clothing," Asian Culture and History, vol. 12, no. 1, pp. 17-27, 2020.

S. Djiwatampu, "INDONESIAN FASHION TREND 2023-2024: CO-EXIST," 15 November 2022. [Online]. Available: https://buletintekstil.com/2022/11/15/indonesian-fashion-trend-2023-2024-co-exist-2/11/48/44/6429/. [Accessed 12 Mei 2023].

G. Baugh, The Fashion Designer's Textile Directory: The Creative Use of Fabrics in Design, Britania Raya: Thames & Hudson., 2011.

C. Brown, Ribbonwork Gardens: The Ultimate Visual Guide to 122 Flowers, Leaves & Embellishment Extras, Amerika Serikat: C&T Publishing, 2012.

J. Pittman, Applique: the Basics and Beyond, Second Revised and Expanded Edition: The Complete Guide to Successful Machine and Hand Techniques with Dozens of Designs to Mix and Match, Amerika Serikat: Landauer Publishing, 2019.




DOI: https://doi.org/10.53298/texere.v22i2.06

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


e-ISSN2774-1893
p‐ISSN1411-3090
PenerbitPoliteknik STTT Bandung


TEXERE telah terindeks pada:
Sinta S4 Google Scholar  Portal Garuda